Senin, 17 Oktober 2011

Definisi Manajemen

® Kata Manajemen berasal dari  bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
® Manajemen adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. (Mary Parker Follet)
® Manajemen adalah sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan
sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. (Ricky W. Griffin)



  • Efektif dan Efisien




Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan.
® Efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal;
dalam berbagai bidang seperti industri, pendidikan, kesehatan, bisnis, finansial dan sebagainya.
® Dengan kata lain efektif menyangkut tujuan dan efisien menyangkut cara dan lamanya suatu proses
mencapai tujuan tersebut.



  • Sejarah Manajemen (Abad 19)




Bidang pelajaran manajemen berkembang dari kondisi ekonomi di abae ke-19. Pelaku ekonomi klasik seperti Adam Smith dan John Stuart Mill memberikan teori alokasi sumber daya, produksi dan penetapan harga. Pada saat yang hampir bersamaan, penemu seperti Eli Whitney,  James Watt, dan Matthew Boulton  mengembangkan teknik produksi seperti standardisasi, prosedur kontrol kualitas, akuntansi biaya, penukaran bahan, dan perencanaan kerja.
® Pada pertengahan abad 19, Robert Owen, Henry Poor, dan M. Laughin dan lain-lain memperkenalkan elemen manusia dengan teori pelatihan, motivasi, struktur organisasi dan kontrol pengembangan pekerja.
® Pada akhir abad 19, pelaku ekonomi marginal Alfred Marshall dan Leon Wairas  dan lainnya memperkenalkan lapisan baru yang kompleks ke teori manajemen. Pada 1990an  manajer mencoba mengganti teori mereka secara keseleruhan berdasarkan sains.

http://wisangyenny.files.wordpress.com/2008/06/gms-001-pengantar-manajemen-wik1.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar